Kamis, 31 Januari 2013

Ikan Hias


Sebagian banyak dari beberapa orang, senang memelihara ikan di rumahnya. Selain ikan hias yang memang terlihat indah, ikan hias membawa manfaat bagi sang pemilik rumah. Sudah pasti manfaat yang paling dirasakan adalah sebagai penghilang stres stelah lelah bekerja. Kolam ataupun akuarium di rumah juga membawa suasana sejuk dengan suara gemelicir airnya.
Selain itu, ada yang menarik yang ditawarkan ilmu fengshui, tentu saja ini bersifat bebas dalam arti lain kita bisa yakin bisa juga tidak. Tidak ada paksaan yang berujung polemik. Ilmu ini mengatakan bahwa kolam ataupun akuarium yang berada di rumah dapat membawa keberuntungan atau hoki. Dengan mengusahakan ikan hias yang dipelihara berjumlah 9, jumlah ganjil ini diyakini lebih menambah energi positif buat penghuni rumah.
Adapun beberapa jenis ikan hias yang biasa dipelihara di rumah :

1.   Arwana, ikan arwana merupakan salah satu spesies ikan asal asia tenggara yang memiliki banyak peminat sehingga ikan arwana memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi.

2.      Koi, merupakan jenis ikan air tawar dengan  nama latin cyprinus carpio. Banyak orang yang menganggap bahwa ikan koi ini bisa membawa keberuntungan.

3.      Lou Han, merupakan salah satu ikan hias yang banyak digemari di Indonesia dan berasal dari keluarga Cichlidae. Siklid merupakan keluarga besar yang terdiri atas ratusan spesies. Perkawinan silang antar Lou Han terbukti menghasilkan Lou Han yang cukup baik kualitasnya dengan ciri-ciri fisik tertentu, yaitu pada aspek warna, rajah dan keindahan bentuk. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perubahan warna ikan Lou Han adalah dengan pemberian pakan buatan di samping faktor genetic ikan tersebut.

4.      Ikan Rainbow, merupakan jenis ikan hias yang banyak diminati masyarakat karena jenis ikan ini juga dapat merupakan komoditi eksport.

5.      Ikan mas koki merupakan salah satu ikan hias yang amat terkenal di kalangan penggemarnya. Pasalnya, ikan jenis ini sudah puluhan tahun terkenal di Indonesia. Bahkan, mungkin menjadi yang pertama dipelihara sebagai ikan hias.

6.      Ikan cupang adalah ikan hias yang sangat dikenal oleh masyarakat khususnya anak – anak, karena ikan tersebut selain rupanya yang cantik juga dapat merupakan tentera yang menarik bila di adu. Ikan ini juga sering disebut ikan laga dan nama latinnya adalah Betta spendens, termasuk dalam famili Anabantidae (Labirynth Fisher).



http://zonaikan.wordpress.com/2012/08/11/jenis-jenis-ikan-hias-air-tawar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar